Jumat, 24 April 2009

MEDIA PEMBELAJARAN = KUNCI SUKSES BELAJAR SISWA

     Sekolah merupakan rumah kedua bagi siswa. Sekolah adalah tempat siswa mengenyam pendidikan formal. Pendidikan yang sangat berguna bagi masa depan mereka kelak. Oleh karena itu siswa harus dibuat betah selama mengenyam pendidikan di sekolah. Dengan terciptanya suasana yang nyaman maka kegiatan selama di sekolah bisa berjalan dengan nyaman pula. 
    Kegiatan utama siswa di sekolah adalah belajar. Nah, sekarang bagaimana caranya menciptakan suasana belajar yang menarik dan tidak membosankan? Dengan menciptakan pembelajaran yang menarik maka pelajaran akan mudah diterima oleh siswa. Permasalahan inilah yang dihadapi guru di kelas. Guru sebagai fasilitator sering kewalahan untuk menangani siswa di kelas. Kurangnya penguasaan metode atau strategi pembelajaran inilah yang menjadi sebab utama terjadinya masalah tersebur. Guru di kela cenderung berceramah dalam menerangkan pelajaran sehingga suasana yang tercipta sangatlah monoton. 
      Oleh karena itu diperlukan gebrakan dalam dunia pendidikan kita. Kebiasaan berceramah lambat laun harus ditinggalkan dan beralih pada penerapan metode atau strategi pembelajaran yang modern. Salah satu alternatif untuk menciptakan suasana belajar yang menarik seorang guru bisa menggunakan media belajar. Media pembelajaran merupakan alat bantu guru dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan penggunaan media pembalajaran maka bisa menciptakan kesan menyenangkan bagi siswa. 
      Menurut Sudjana dan Rivai, dengan penggunaan media pemabajaran maka Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
    Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh peneliti dan guru di kelas. Oleh karena bagi guru penggunaan media pembelajaran bisa dijadikan alternatif dalam menciptakan proses belajar mengajar yang menarik dan tidak monoton. Tinggalkan metode lama dan beralihlah ke metode modern segera!
     Menggunakan media pembelajaran? Kenapa tidak!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar